selamat datang teman-teman se-Dhamma _/|\_

semoga bermanfaat

Sabtu, 22 Mei 2010

Vipassana Pengetahuan dan jalan ke Nibbana

Posting ini akan menjadi sedikit samar ... setidaknya bagi kebanyakan orang. Bagan yang Anda lihat di bawah ini adalah kompilasi dari banyak pengamatan dari kemajuan meditasi Vipassana dalam perjalanan mereka dari Samsara ke pengalaman pribadi dari berbagai tahap pengetahuan wawasan.

Bagian yang menarik adalah, bahwa dalam tabel ini saya mencoba untuk memvisualisasikan dua komponen kemajuan bahwa:
1. BLUE LINE: waktu dengan masa lalu sejak satu mulai berlatih Vipassana (di lingkungan mundur, tidak ada istirahat dipertanggungjawabkan) berkenaan dengan perkembangan seseorang - ini grafik logaritmik biru. awal kemajuan cepat, tetapi akan memperlambat akhirnya. Pada waktu meditator mencapai Sankharupekkha sepertinya dia mencapai puncak "". ketenangan yang kuat, sangat cepat & jelas mencatat dan lembah "kesedihan" terletak di belakangnya. Banyak waktu bisa berlalu dan banyak meditator terjebak di sini untuk waktu yang cukup.

Hal ini juga menarik untuk melihat, bahwa entah bagaimana kecepatan mencatat obyek tampaknya masuk akal untuk mengikuti jalan logaritmik. Mungkin mereka pergi bergandengan tangan, sebagai banyak waktu yang dihabiskan di jelas & cepat mencatat telah membangun momentum untuk "menembus" cermin / fatamorgana kesadaran.

Terutama tiga pertama pengetahuan tampaknya menjadi batu loncatan dalam membangun kecepatan dalam mencatat ... awalnya hanya bagian tengah (arti obyek itu sendiri) yang dicatat, maka awal (yang lebih mudah untuk tanha / keserakahan, untuk melihat timbul dari tinggal di satu dunia) dan akhirnya juga adalah terpecahnya objek akal. Kecepatan / kejelasan mencatat tampaknya erat sesuai dengan tiga pengetahuan pertama wawasan dan pemahaman mereka membawa bersama mereka ... ini memuncak dalam terobosan besar pertama, visi yang jelas kenaikan & jatuh dari semua objek akal, sangat sering terjadi seiring dengan pengalaman pribadi yang kuat.

Setelah 4., Udayabbaya, datang lembah "dari" kesedihan, diawali dengan wawasan pengetahuan dari 5. bhanga yang berarti "melanggar". Kecepatan mencatat dan kejelasan dalam melihat naik dan turun membuat pergeseran pikiran lebih dan lebih ke arah pengalaman / pengamatan penghancuran semua obyek indra (penglihatan, suara, perasaan ... pikiran bahkan (! - Enam rasa di ajaran-ajaran Buddha, tetapi jika Anda tidak tahu bahwa teks ini tidak akan masuk akal bagi Anda tetap, i guess ). Melihat ini yang tidak pernah dilihat sebelumnya kehancuran seluruh dunia satu, saat sejenak, selama jam dan hari, akan memicu banyak tidak pengalaman yang sangat menyenangkan. meditator Banyak akan turun di sini dan menghentikan mereka meditasi Vipassana. Mereka yang terus kadang-kadang bahkan tidak bisa menjelaskan apa yang hampir membuat mereka berhenti. Banyak hal yang terjadi di "sadar" / lebih: "kekuatan karma bekerja".

meditator ini mulai "muntah" Samsara.

Jika dia terus berhasil melalui lembah "kesedihan" ia didorong oleh 9. Muncitu-Kamyata, keinginan "untuk keluar" dan merasa sentakan ke atas dalam motivasi, kekuatan, stamina untuk melanjutkan meditasinya. Memperhatikan akan lebih tajam, pikiran yang lebih jelas. Tentu, setelah menerima fakta yang jelas dari dunianya menabrak milidetik milidetik setelah ia mencatat secara bertahap bekerja pada benda yang keras dan sulit untuk mengenali. hal yang begitu halus dan "diri"-jelas bahwa hanya kecepatan dan praktek mencatat kulit dari semua lapisan dari "saya" tambang dan "" ... menit setelah menit, jam demi jam, hari demi hari. tekanan yang konsisten adalah motto, sebagai upaya ini harus berlangsung selama beberapa waktu untuk mencapai massa kritis ...

11. Sankharupekkha - lihat di atas ... ini adalah di mana banyak orang terjebak. Kadang-kadang selama bertahun-tahun! Penting adalah cara Anda catatan. Tidak banyak kekacauan dalam hal banyak label ... Cukup razorsharp diperhatikan untuk tidak-mengidentifikasi dengan sesuatu apapun & menjaga tekanan dalam melihat kecelakaan seluruh dunia & muncul kembali. Juga bagus untuk melihat bagaimana siklus pikiran melalui 9-11 berulang-ulang.

Sekarang Visuddhimagga memberikan satu set simile bagus, salah satu Oxen yang melarikan diri (Zen "dipinjam" yang satu ini saya benar-benar bertanya-tanya apakah mereka tahu dari mana ia berasal ... Lihatlah mereka @ XXI, 92. Perkiraan saya, dengan banyak dari -relevan hal-hal praktis meditasi yang sangat, bahwa mereka simile merupakan gema dari hari awal Buddhisme, tempat para biarawan Arahat .. ditambah beberapa pengalaman pribadi mereka sendiri yang kemudian mendapat dimakamkan di tangan ulama.
Meskipun demikian mungkin, yang simile besar saya ingin menyebutkan di sini adalah salah satu: tanah mencari burung

XXI, 65
"Tetapi jika ini] pengetahuan [melihat nibbana, keadaan damai, karena damai, ia menolak terjadinya semua formasi dan hanya masuk ke dalam nibbana. Jika tidak melihat nibbana sebagai damai, terjadi lagi dan lagi dengan formasi sebagai objeknya, seperti pelaut burung gagak.
Ketika sebuah kapal pedagang, tampaknya, mereka mengambil dengan mereka apa yang disebut-menemukan gagak tanah. Ketika kapal akan tertiup angin saja dengan kencang dan berjalan terapung tanpa tanah terlihat, kemudian mereka melepaskan tanah-menemukan burung gagak. dibutuhkan off dari kepala-tiang, dan setelah menjelajahi semua tempat, jika melihat tanah, ia terbang lurus ke arah itu, jika tidak, itu kembali dan alights di kepala-tiang. "

dan terus

"... Sekarang setelah formasi cerdas (segala sesuatu yang terjadi) ... sebagai melalui pengayakan tepung di pinggir nampan, seolah-olah kapas carding dari benih yang telah memilih (tidak bahwa perbandingan besar untuk teknik mencatat, di mana Anda masuk, pergi bersama, tetapi hanya singkat, label objek, dan membiarkannya pergi, bergerak ke generasi berikutnya tanpa mengikuti, melampirkan, mengidentifikasi? Amazing) dan! Setelah meninggalkan teror dan gembira (kendala positif mungkin di Vipassana yang mungkin terjadi juga! - Biasanya melanggar melepaskan ...), dan setelah menjadi netral dalam investigasi dari formasi, ia masih tetap dalam perenungan triple (dukkha, anicca, anatta. bagaimana dengan mama n'etam, nesohamasmi, netam saya atta atau kembar tiga lainnya yang digunakan dalam Vipassana menunjukkan beberapa jenis modifikasi secara bertahap untuk menangkap lebih halus dan lebih halus objek) dan menjadi kondisi untuk klasifikasi orang mulia menjadi tujuh jenis (= pencerahan dalam keilmuan istilah) "

12. Anuloma ... jika anda membandingkannya dengan srewdriver dan sekrup, mencoba untuk menerobos dinding: 9-11 tampaknya seperti untuk mendorong dan menerapkan seluruh kekuatan seseorang dengan obeng dan 13. anuloma seperti memutar obeng untuk melewati dinding. Its a mini-pengulangan dari semua nyanas sebelum itu, melihat serangkaian udayabaya tanpa henti-nyanas, mini-nibbidas, mini-sankharupekkhas sampai titik sekrup mengintip melalui di sisi lain. Saya rasa orang lain dapat menemukan similies lebih baik ... tapi dengan cara ini terdengar seperti fraktal ... struktur dalam struktur. ... Menciptakan kontra sangat sangat kuat-tarik untuk melepaskan pikiran, dan tarik nama & bentuk dari kesadaran sehingga membuat dunia (mis. 6 indra, yaitu. bhava atau keberadaan) jatuh / berhenti untuk satu momen - dengan konsekuensi yang kekal.

Jauh lebih bisa dikatakan mengenai hal ini, tetapi satu gambar bernilai 1.000 kata, jadi saya meninggalkan Anda pada saat ini dengan grafik.

PS: Nama Tradisi nyanas vipassana 16 - 3 terakhir yang terdiri saat nibbana dan refleksi yang mengikuti segera. Saya pikir kita bisa mendiskusikan kali ini mungkin lain

Link: Ada tidak bahwa sumber daya yang tersedia pada topik ini. Anda mungkin mungkin tahu ini sudah dua studi yang sangat baik:

Ven. Matara Sri Ñāṇārāma Mahathera: "Tujuh tahap pemurnian" [ id ] [de] [ buku esp]. hlm 82 ff. - 122
Ven Matara. Sri Ñāṇārāma Mahathera: "The kontemplasi Tujuh" [ de ] [en ], seluruh buku
Ven. Aggapandita Mahasi Sayadaw: "Q & A pada Vipassana wawasan pengetahuan" [ id ] [de]
Ven. Aggapandita Mahasi Sayadaw: "Meditasi Insight Praktis" [ id]
Ven. Aggapandita Ledi Sayadaw: "The Insight Manual" [ id]
Dalam Pali: Abhidhammatthasangaha, p.44
Dalam Pali: Paramatthavinicchaya, 983 - 1020
Dalam Pali: Namarupapariccheda, 1641-3
Cari "v * ipassanāñāṇ "di CST4 atau online di tipitaka.org / pencarian

http://theravadin.wordpress.com/2008/03/20/vipassana-knowledge-and-the-path-to-nibbana/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar